Jumat, 30 Maret 2012

sepercik ucapan mu'tazilah

                   Kekeliruan dan kesesatan madhab mu'tazilah dan Qodariah nampaknya jelas sudah dalam mengobrak-abrik aqidah Ahlussunah wal jamaah. sebenarnya sudah dari dulu kususnya dikalangan para pejuang Ahlus sunah, namun tidak ada salahnya kami menguraikan sedikit perkataan orang-orang mu'tazilah dan qodariah yang semakin hari semakin tidak sadar dengan kesesatanya mereka.
                   أن الله تعالى يشاء ما لا يكون ويكون مالا يشاء "bahwa sesungguhnya Allah swt berkehendak tidak adanya sesuatu dan adanya sesuatu itu bukan kehendak Allah.  ini aalah sebuah ungkapan orang mu'tazilah yang meyakini bahwa Allah itu menciptakan sesuatu bukan atas kehendaknya. contoh, Allah menciptakan si A adalah karena kehendak Allah, namun seandainya Allah tidak berkehendak pun si A akan teteap ada. Seakan-akan kalimat ini mengandung bahwasanya Allah itu tidak berpengaruh penuh terhadat terjadinya sesuatu. mereka berkeyakinan adanya sesuatu itu dikarenakan hasil usaha dari manusia itu sendiri.
                   Dan ini sangat bertentangan dengan firman Allah yang berbunyi وما تشاؤون إلا أن يشاء الله. dari ayat ini sudah jelas bahwa Allah itu berkehendak apa yang Allah mau dan tidak berkehendak apa yang tidak mau. dari sinilah sudah jelas sedikit keyakinan orang mu'tazilah yang sudah melenceng dari Al quran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar